Siswa Diktaifib Angkatan XLVII TA 2020 Kodiklatal Melaksanakan Latihan _Heliborne Operation (HBO)_ di Bumi Lampon Banyuwangi

Mata Elang (Surabaya),- Dalam rangka meningkatkan profesioanlisme dan kemampuan tempur, siswa Pendidikan Intai Amfibi (Diktaifib) Angkatan XLVII TA 2020 yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Khusus Marinir (Sesusmar) Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kodiklatal melaksanakan Lattek Komando materi Heliborne Operation (HBO) yang di laksanakan di Bumi Lampon dan sekitarnya Kec. Pesanggaran Kab Banyuwangi.

5Latihan Heliborne Operation (HBO) yang dipimpin langsung oleh Komandan Sesusmar Letkol Mar Mintarjo, S.H., M.Tr. Opsla ini merupakan bagian dalam pelaksanaan Tahap Latihan Komando. Dalam latihan Heliborne Operation (HBO) ini para siswa akan dibekali kemampuan teknis dan taktis yang diintegrasikan dengan pesawat helikopter.

Dalam kesempatan tersebut Dansesusmar juga menyampaikan dalam tahap Lattek Komando ini para siswa juga dibekali materi Infiltrasi dengan teknik Mobil Udara (Mobud), Helocast Operation dimana dalam pelaksanaannya memerlukan pesawat Helikopter sebagai sarana angkut.

Latihan Heliborne Operation (HBO) ini disimulasikan dimana para siswa ditugaskan ke suatu daerah operasi yang membutuhkan waktu yang cepat untuk menyelesaikan misi yang sifatnya khusus dengan tidak mengabaikan faktor kerahasiaan dan pendadakan yang memberikan efek shock therapy di pihak musuh.

Dansesusmar juga menambahkan bahwa Latihan Heliborne Operation (HBO) ini merupakan hak istimewa yang diterima oleh seluruh Siswa Diktaifib dari masa ke masa termasuk Siswa Diktaifib angkatan XLVII ini karena mengingat bahwa pendidikan saat ini diselaraskan dengan kemajuan teknologi dan modernisasi alutsista TNI AL. Selanjutnya Diktaifib merupakan pendidikan yang harus ditempuh prajurit terbaik Korps Marinir untuk menghasilkan pasukan khusus, oleh sebab itu harus diberikan latihan yang khusus sesuai medan dan perkembangan taktik yang semakin menantang, dengan harapan apabila nanti ditugaskan ke medan operasi yang sebenarnya sudah siap dan berhasil.

Disisi lain disampaikan bahwa cuaca saat ini tidak menentu dan kondisi angin yang cenderung bertiup variable. Dansesusmar berharap agar pelatih instruktur dan pembimbing siswa tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan personil dan material hingga pelaksanaan Lattek Diktaifib selesai. Beliau juga menekankan kepada seluruh personel yang tergabung dalam Lattek Komando ini supaya mengawali dan mengakhiri setiap kegiatan dengan berdoa.

Related posts