Prajurit Yonbekpal 2 Mar Pasmar 2 Berlatih Tempur di Tuban

Mata Elang (Tuban),- Sebagai salah satu  Satuan pelaksana operasional Resimen Bantuan Tempur Korps Marinir yang berkemampuan untuk melaksanakan operasi militer strategis baik dalam bentuk unsur Bantuan Tempur (Banpur) maupun Bantuan Administrasi (Banmin), Yonbekpal 2 Mar  terus berkomitmen meningkatkan kemampuan dan keterampilan para prajuritnya dan kali ini mereka mengikuti latihan Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin) Tahun 2021 yang digelar oleh Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Menbanpur 2 Mar) yang dilaksanakan di Pantai Remen, Tambak Boyo, Tuban. Rabu (23/06/2021).

Latihan ini merupakan lanjutan dari Latihan Satuan Dasar 1 yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu di Gresik. Prajurit Yonbekpal 2 Marinir ini tergabung dalam Organisasi Logistik Pantai (OLP) dibawah pimpinan Dantim OLP Letda Marinir Arif Eko Prabowo.

“Kemampuan OLP disusun sedemikian rupa sehingga untuk 1 Tim OLP dapat membantu 1 Batalyon Tim Pendarat (BTP) pada saat awal pendaratan, yang terdiri dari unsur Satbanmin (Pasrat) dan unsur Laut (Divisi Pantai, Dismalat, Paska),” jelas Letda Marinir Arif Eko Prabowo.

Materi latihan ini meliputi gelar Satbanmin dimulai dari Penyelidikan Instalasi oleh Tim OLP, Pendaratan Tim Organisasi Logistik Pantai (OLP) dan gelar Daerah Pantai Bantuan (DPB) dengan unsur-unsur gelar Satuan Menbanpur 2 Mar antara lain (Bekpal, Zeni, Komlek, Angmor, Kesh dan Pomar), dilanjutkan dengan pelaksanaan Bongkar Umum serta dinamika pendukungan administrasi dan logistik unsur-unsur Satbanmin yang dilanjutkan pembentukan Daerah Bantuan Logistik (DBL).

Sementara itu, Komandan Yonbekpal 2 Marinir Mayor Marinir Hendro Wijiantoro, S.H., M.Tr. Opsla, dalam latihan ini berpesan agar seluruh prajurit dapat berlatih dengan serius dan bersungguh-sungguh, sehingga pelaksanaan latihan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta jangan lupa utamakan faktor keamanan personel dan material.

Related posts