Polres Sinergi Dengan Puslatpurmar TNI AL 5 Baluran Melaksanakan Serbuan Vaksinasi Tahap Ke 2 Di Ponpes Assalam Situbondo

Mata Elang (Situbondo) – Wujud sinergitas dalam membantu pengendalian COVID-19 di Tanah Air, Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Danpuslatpurmar) 5 Baluran Letkol Marinir Agus Wahyudi bersama 24 anggotanya, turut mendukung pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 ke 2 yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Assalam Dusun Bindung Desa Sumberanyar Kec. Banyuputih Kabupaten Situbondo. Rabu (22/9/2021).

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Assalam ini merupakan Vaksin kedua kalinya, sebelumnya saat vaksin pertama dihadiri Oleh Bapak KSAL Laksamana TNI Yudo Margono beserta Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono yang terselenggara atas kerjasama TNI AL bersama Forkopimda Kab. Situbondo. Kegiatan Vaksin yang kedua ini merupakan kerjasama Pondok Pesantren Assalam, Polres Situbondo dan Puslatpurmar 5 Baluran dengan tema; “Vaksin Merdeka Serentak di Pondok Pesantren” dengan jenis Vaksin Sinovac sebanyak 1000 dosis dengan sasaran siswa SMP, SMA, Mahasiswa dan Masyarakat se Kecamatan Banyuputih.

Danpuslatpurmar 5 Baluran pada kegiatan Vaksin kali ini juga menerjunkan 4 personel tenaga kesehatan dengan harapan terwujudnya target 1 Juta Vaksin perhari seperti yang dicanangkan pemerintah. Dalam pelaksanaan Vaksin ini Letkol Mar Agus Wahyudi memastikan telah dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan panitia sudah memberi petunjuk agar kegiatan vaksin ini berjalan lancar dan aman,”pungkasnya.

Kapolres Situbondo AKBP Imam Rifa’i SH.,S.I.K.M.PICT.M.ISS ). dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama kita bersama tidak ada siapa yang di depan Siapa yang di belakang Namun kita bersama-sama di sini dalam rangka untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mencegah ataupun memutus mata rantai dari penyebaran covid 19.

Syukur alhamdulillah kita semua pada hari ini diberikan kesehatan sehingga pelaksanaan kegiatan hari ini terlihat ramai lancar dan antusiasme yang luar biasa dari para santri kemudian warga sekitar. Tadi disampaikan oleh Pak Kyai ada yang sudah melaksanakan vaksin pertama maupun vaksin kedua. Beberapa waktu yang lalu Bapak Presiden Joko Wi juga pernah menyampaikan bahwa antara perekonomian dengan kondisi covid 19 ini beriringan, dimana juga kita bisa mengevaluasi apabila covid 19 ini tinggi maka perekonomian kita akan tersendat atau melambat. Apabila covid rendah ataupun lebih terkendali maka perekonomian kita akan meningkat tentu saja perekonomian ini akan berakibat kepada masyarakat pada umumnya. Masyarakat bisa beraktivitas, masyarakat bisa melakukan kegiatan kegiatan dalam rangka pemenuhan, untuk itu tetap mengikuti prokes kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,”imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Panitia menyiapkan pemberian sembako kepada Masyarakat yang telah melaksanakan vaksin yang secara simbolis diberikan oleh
Kapolres Situbondo kepada pengasuh Pon Pes Assalam KH Tsabit Toha, juga secara simbolis diserahkan oleh Komandan Pusalatpurmar 5 Baluran Letkol Mar Agus Wahyudi kepada perwakilan Masyarakat Sumber Anyar.

Ada beberapa tahapan dalam pelaksanaan Vaksin ini mulai Pendaftaran, Screening riwayat penyakit, tensi darah dan pengecekan suhu badan, Registrasi Adminitrasi, Penyuntikan Vaksin, Pelaporan selesai Vaksin, Observasi selama 15 menit. dan terakhir pengambilan sertifikat vaksinasi.

Related posts