Yonkomlek 2 Mar Pasmar 2 Melaksanakan Pelatihan Teknis Harwat Alkom Gel 1 Ta 2021.

Mata Elang (Surabaya),- Dalam rangka meningkatkan Profesionalisme prajurit Komandan Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Danyonkomlek 2 Mar) yang ditunjuk sebagai pelaksana di lapangan kursus pemeliharaan teknis harwat Alat Komunikasi (Alkom) Pasukan Marinir gel 1 Ta 2021 di Indoor Sport, Kesatrian Marinir, Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Senin (25/10/2021).

Kegiatan yang langsung dibuka oleh Komandan Pasmar 2 (Danpasmar 2) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S. E., M.M., M.Sc., CHRMP.

Pada kesempatan ini prajurit Yonkomlek 2 Mar sangat bersemangat mengikuti kursus pemelihara dan perawatan alkom yang dikarenakan Alat komunikasi modern pada umumnya terbuat dari komponen-komponen yang rumit dan rentan terhadap berbagai gangguan.  Untuk mengurangi kerusakan diperlukan perawatan. Setiap orang yang menggunakan alat komunikasi, mestinya memahami bagaimana cara merawatnya. Perawatan yang baik akan memperpanjang usia masa pakai.  Perawatan juga akan mengurangi berbagai gangguan dalam penggunaan alat tersebut.

Danyonkomlek 2 Marinir Letkol Marinir Ade Lesmono., M. Tr. Opsla. sebagai pelaksana kegiatan di lapangan menyampaikan agar amanat Askomlek Kasal dicermati oleh seluruh peserta agar memanfaatkan kesempatan kegiatan pelatihan ini dengan Sebaik baiknya, Sungguh sungguh, serius dan penuh keikhlasan, Serap berbagai pengetahuan dan ilmu yang diberikan dan dimiliki oleh instruktur, Pertahankan semangat dan kebanggaan kita sebagai prajurit matra laut dan ilmu yang didapat agar diaplikasikan di tempat penugasan masing masing, serta Kepada Panitia dan para instruktur saya ucapkan terima kasih dan mengharapkan partisipasi yang optimal serta kerjasama yang tulus dalam rangka mendukung pelaksanaan pelatihan ini.

Harwat Alkom merupakan tindakan, usaha dan kegiatan, Serta Harwat adalah FITCAL (RIKBLS) yaitu FEEL (Rasa) merasakan apakah ada kelainan bekerjanya pesawat dari biasanya, INSPECT (Inspeksi) pemeriksaan secara terus menerus apakah ada gejala gejala tanda akan terjadi kerusakan, THIGT (Kencangkan) adakan pengencangan alat alat kendor, CLEAN (Bersihkan) adakan pembersihan dan pelihara kebersihan alat, ADJUST (Setel) lakukan penyetelan untuk mencegah terjadinya kerusakan, LUBRICATION (Lumas) pelumasan dilakukan untuk bagian bagian dari pesawat yang membutuhkannya, pungkasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan 5M yaitu dengan Memakai Masker, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Related posts