Guna Mendukung Kebutuhan Air Pasukan Kawan, Prajurit Yonzeni 2 Marinir Laksanakan Penyelidikan Sumber Air

Mata Elang Manggala (Situbondo),- Batalyon Zeni 2 Marinir merupakan salah satu satuan andalan dijajaran Menbanpur 2 Marinir, memiliki 9 tugas Pokok Prajurit Zeni Marinir yaitu Konstruksi, Destruksi, Rintangan, Samaran, Penyeberangan, Penyelidikan, Perkubuan, Penjinakan bahan peledak (Jihandak), serta Nuklir-Biologi-Kimia (Nubika) pasif. Menjawab tantangan tersebut Yonzeni 2 Marinir melaksanakan penyelidikan perbekalan air guna mendukung gerak maju pasukan kawan ataupun dalam pertahanan yang bertempat di daerah latihan Marinir Pantai Banongan Situbondo, Jawa Timur. Sabtu (25/06/2022).

Kegiatan penyelidikan sumber air ini di laksanakan oleh 1 Tim penyelidik Zeni yang bertujuan untuk mencari dan menemukan sumber air bersih yang aman dan dapat dimanfaatkan oleh pasukan dalam jumlah yang besar.

Namun, di dalam penyelidikan air tidak boleh asal dalam menentukan sumber air minum, harus memenuhi syarat untuk layak di minum atau di konsumsi diantaranya tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa dan tentunya yang bebas dari bahan kimia yang berbahaya dan juga tidak menutup kemungkinan sumber air tersebut sudah di racun oleh pihak musuh sehingga tidak dapat dimanfaatkan.

Komandan Batalyon Zeni 2 Marinir (Danyon Zeni 2 Marinir) Letkol Marinir Eko Puji S, M.M, S.H, M. Tr. Opsla., menyampaikan, penyelenggaraan latihan ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat kesiapan Prajurit Zeni 2 Marinir dan sekaligus menilai keberhasilan pembinaan satuan yang selama ini telah dilaksanakan khususnya dibidang taktik dan tehnik dalam mendukung tugas pokok Batalyon Zeni 2 Marinir.

Selanjutnya Danyon Zeni 2 Mar menekankan, kepada seluruh prajurit agar melaksanakan kegiatan latihan Satbanmin dalam skala besar ini dengan maksimal serta senantiasa memperhatikan naluri serta disiplin tempur dalam setiap pelaksanaan kegiatan.

Related posts