Prajurit Yonzeni 2 Marinir Laksanakan Latihan Perorangan Kesenjataan Guna Meningkatkan Profesionalitas Prajurit.

Mata Elang Manggala (Surabaya),- Dalam rangkaian LPK (Latihan Perorangan Kesenjataan) Triwulan III TA 2022, Prajurit Batalyon Zeni 2 Marinir (Yonzeni 2 Marinir) melaksanakan latihan mobilisasi alat berat (Alber) di Karangpilang, Surabaya. Jum’at (11/08/2022).

LPK prajurit Yonzeni 2 Marinir ini dipimpin oleh Wapasiops Batalyon Zeni 2 Marinir Kapten Marinir Nasrudin dengan tujuan untuk memberikan penilaian dan pengulasan keterampilan bagi prajurit Yonzeni 2 Marinir dalam meningkatkan pembinaan khususnya bagi pengawak alat berat seperti Excavator dan Opleger. Materi latihan yang dilaksanakan adalah mengenali dan memahami lebih dalam spesifikasi alat berat dan mengerti tentang prosedur ataupun cara memperbaiki alat berat jika terjadi trouble saat digunakan, sehingga seluruh prajurit Yonzeni 2 Marinir mampu mengatasi dan mengoperasionalkan alat berat dengan mahir saat melaksanakan mobilitas alat berat di atas Opleger yaitu melaksanakan perpindahan tempat sesuai kebutuhan dan perintah dari komando atas.

Dalam latihan LPK yang dilaksanakan ini peserta latihan dijelaskan kembali tentang spesifikasi alat berat, contohnya seperti Excavator yang digunakan merupakan jenis Komatsu PC200-7 Hydraulic dibuat pada tahun 1991, berasal dari negara Jepang, berbahan bakar solar yang berdaya tampung sekitar 200 Liter dan mempraktekan secara langsung proses perbaikan Excavator jika rantai mengalami kerusakan serta mengasah keterampilan dalam mobilitas menaikan serta menurunkan Excavator dari Opleger dengan cepat, aman dan selamat.

Selain itu, Danyon Zeni 2 Marinir juga menyampaikan kepada seluruh prajurit yang terlibat latihan agar merefresh kembali tehnik naik turun alat berat serta memahami karakter alat berat, mengatur kecepatan, jarak pandang pengemudi pada saat bermanuver di kemiringan sehingga alat berat mampu beroperasi dengan benar dan aman.

Related posts